Sedengan, Savana Buatan di Jawa Timur

Sadengan merupakan padang rumput buatanseluas 84 Ha yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, wisatawan atau pengunjung dapat melihat secara langsung banteng Jawa (Bos javanicus javanicus) dan merak (Pavo muticus muticus) berada di habitatnya. Berdasarkan informasi langsung dari petugas taman nasional, Ujang Wisnu Bharata, S.Hut, saat ini tercatat terdapat 178 ekor banteng (17/8/15). Status banteng jawa dilindungi sejak 1931, berdasarkan Red List IUCN (2008) masuk kategori genting (endangered). Oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tergolong dalam 25 satwa prioritas sebagai upaya pencegahan dari kepunahan.

beramai-ramai

Beberapa ekor merak dan banteng di Sadengan


Banteng merupakan jenis pemakan rumput (grazer) di Sadengan sendiri terdapat tujuh jenis tumbuhan pakan. Namun, terdapat dua jenis yang sering dimakan banteng yaitu kolomento (Leersia hexandra) dan paitan (Paspalum conjugatum Roxb) berdasarkan uji kotoran di laboratorium (Pairah, 2007;Garsetiasih, 2013). Banteng terkadang juga keluar kawasan taman nasional menuju areal eks zona penyangga milik Perhutani di Sumber Gedang bila kebutuhan pakan kurang mencukupi. Tegakan mahoni pada lahan Perhutani menjadi sumber pakan alternatif bagi banteng yaitu berupa kulit pohon mahoni yang berlum terlalu tua. Oleh karena pada musim kemarau seperti ini keberadaan sumber air untuk pemeliharaan rumput di Sadengan sangat penting agar terjaminya sumber pakan dan keberlangsungan bagi bateng.

banteng jantan

Beberapa ekor banteng jantan di Sadengan

Taman nasional menjadi benteng terakhir untuk beberapa spesies yang terancam punah dapat tetap bertahan hidup. Berharap kelak generasi mendatang tidak mengenal satwa endemik atau langka Indonesia berada di ruang kaca (diorama) berisi spesimen satwa liar lengkap dengan lingkungan alam asli sebagai latar belakang. Mengutip dari Rendra Regen Rais:

“Pola pikir seorang konservasionis adalah menyelamatkan alam dari kepunahan, menjaga keseimbangan alam, keberlangsungan tatanan hidup dalam rangka keberlangsungan hidup dan kehidupan. Sebuah kerja mulia dan tentunya bernilai ibadah disisi-Nya”

Advertisements

2 thoughts on “Sedengan, Savana Buatan di Jawa Timur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s