Kawasan Konservasi Rumput Laut

Cerita acara mantai yang tertunda, pantainya sih apa aja yang penting main air dan berada di dataran rendah. Awalnya pengen basah-basahan aja sambil berjemur, ternyata aku malah nemu hamparan rumput laut yang lagi menghijau dan banyak petani yang datang untuk memanen di Pantai Kukup. Yup! Saat itu lagi surut. Dari sepengamatanku ada berbagai jenis rumput laut yang bisa ditemui menempel dibatuan karang.

manenrumputlaut

metikrumput

Aku sempat berbincang dengan salah satu petani rumput laut tersebut, pemanenan rumput laut biasanya dilakukan pada saat musim kemarau. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan cahaya matahari untuk perkembangan rumput laut akan sangat mencukupi sehingga produktivitasnya juga lebih tinggi.

pkukup

Kalau kata petani tersebut dalam sehari bisa mencapai 25-40 kg dalam sehari untuk jenis Ulva spp. (c) yang nantinya diolah menjadi keripik rumput laut. Ada lagi jimbaran (a) masyarakat menyebutnya, mungkin nama latinnya Gracilaria sp. Jenis ini tidak diolah menjadi bahan makanan tapi dijual kering saja sekilo bisa mencapai Rp 15000,00 menurut petani tersebut untuk bahan baku plastik/kresek. Jenis Eucheuma cottonii (b) juga ada dan dipanen, biasanya untuk dikonsumsi menjadi campuran es teler atau es campur. Jenis rumput laut ini biasanya dapat ditemukan agak ketengah laut. Kemudian ada yang dipanen jenis Fucus sp. kalau nggak salah sih (harap maklum beda jurusan), oleh para warga sekitar dipanen dan dijadikan bahan masakan dengan bumbu mie godhog (entah nggak bisa bayangkan). Kalau kata petani yang aku sempat ngobrol “ya yang bisa diambil dari laut  harus bisa diolah untuk bahan makanan”.

plangKKP

Hmmm aku tak tau bagaimana pengelolaan rumput laut di kawasan Pantai Kukup terutama peraturan dalam pemanenan oleh para petani tersebut. Pengelolaan yang bertujuan agar tidak hanya manfaat secara ekonomi namun juga tetap terjaga kelestarian keragaman jenis biota di Pantau Kukup (19/10).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s