Kolang Kaling Kolang Kaling

Siang itu (14/07/2013) datang tetangga yang memanggil untuk mengajak mengupas buah aren untuk diambil isinya yang biasa kita sebut kolang-kaling. Menarik bagi ku karena selama ini hanya bisa melihat jadi tanpa tahu wujud asli buah dan proses memperolehnya.

Buah aren biasanya dapat dipanen setahun sekali, anehnya tidak semua pohon serempak untuk berbuah bila dibandingkan jenis buah yang lain. Saat aku mendatangi salah satu rumah warga yang sedang mengolah buah aren yaitu Pak Dam, sebenarnya buah masih sangat muda untuk dipanen namun karena saat itu mengejar harga kolang-kaling yang  lagi naik. Alhasil buah masih berwarna hijau, isinya empuk dan kecil namun lebih manis. Kolang-kaling yang seperti ini yang disukai konsumen. Harga saat itu mencapai Rp 7000,00 per kg dengan sekali panen satu pohon dapat mencapai 1 kw kolang-kaling. Harga kolang-kaling memang saat itu bisa dikatakan tinggi karena hari biasa hanya mencapai Rp 2000,00 per kg nya.

Untuk memperoleh kolang-kaling hingga dapat dijual awalnya buah yang sudah diambil direbus agar buah mudah dikelupas dan menghindari gatal-gatal saat diambil isinya (kolang-kaling). Kemudian biji diolah sesuai permintaan, matang dalam bentuk makanan atau kolang-kaling. Sisa kulit buah oleh masyarakat dijadikan pupuk di lahan sawah mereka, dengan cara disebar saja langsung. Sedangkan batang buah oleh masyarakat dijadikan kayu bakar untuk memasak.

kolangkaling

Keterangan gambar:

a. Memisakan buah aren dari batangnya

b. Buah aren yang masih muda

c. Buah direbus agar bulu lembut yang menyebabkan gatal hilang dan mempermudah

dalam mengambil isinya

d,e.Proses mengelupas kulit dan mengambil isi buah

f.    Batang buah aren

g.   Isi buah aren yang biasa disebut kolang-kaling

h.   Kolang-kaling

i.    Kulit buah aren yang sudah diambil isinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s