Bapak Kadus yang Mirip Gaston Castano

Aku bingung mau kasih judul apa untuk cerita kali ini, ini hanya merupakan bagian dari cerita saja sih sekitar akhir bulan Januari 2013. Aku dan tiga kawan ku menemukan sebuah desa dipaling ujung Kabupaten Cilacap yaitu Desa Timbang I, Dusun Timbang I, Kecamatan Majenang. Kami menginap di rumah Pak kadus yang bernama Pak Rusdi (nama panggilan setelah terpilih menjadi kadus, nama panggilan umumnya aku lupa). Beliau telah menikah sejak umur 18 tahun dengan wanita yang sampai sekarang menjadi istrinya bernama Suryani dan memiliki dua anak perempuan. Anak pertama lupa namanya umurnya baru 14 tahun dan baru sebulan yang lalu merantau ke Bandung bersama pamannya dan anak keduanya bernama Marsa (singkatan dari kelahiran bulan Maret hari Selasa).

edit

Setiap sore hiburan kami di rumah adalah menonton sepak bola liga entah lah itu liga ISL atau apa, aku kurang mengerti masalah sepak bola. Kebetulan saat itu pertandingan Persib dengan Persidafon dan si  Gaston adalah pemain asing tim Persib. Ditengah pertandingan tiba-tiba salah satu kawan kami menyeletuk, “Bapak ini mirip Gaston itu lho pacar Jupe!”. Seketika kami semua tertawa dan Ibu pun tersipu malu saat Bapak membalas cletukan itu, “Iya ini Jupenya (nunjuk si istri), lebih seksi ya”. Memang Bapak kadus ini tidak kaku, mungkin karena kebiasaan warga setempat yang terbuka. Bahasa daerah mereka adalah sunda, namun kasar sama halnya seperti bahasa Jawa ada ngoko. Cara berbicara mereka juga bervolume keras dan dari awal mereka memberitahu agar kami tidak kaget dengan cara bicara mereka.

Hmmm…bapak kadus ini sebenarnya juga pemain sepak bola kampung lho! Jagoan lah diposisi kiper. Usut punya usut si istri kepincut karena jago bermain sepak bola hehehe. Walau pun tampang sangar si Bapak ini hatinya lembut, beberapa kali beliau bekerja keluar kota Cilacap namun selalu tidak betah karena selalu teringat anak istri. Beliau lebih memilih hidup dekat anak dan istri di desa dengan kondisi seperti ini (sederhana), membuat hati lebih nyaman ketimbang berjauhan karena pasti selalu kepikiran. Sempat membuat ku berfikir mengenai masa depan, eh malah curcol 😀

 

Advertisements

One thought on “Bapak Kadus yang Mirip Gaston Castano

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s